Latest Work

24.9.16

TERJEMAH: COMPLICATED - AVRIL LAVIGNE

Interpretasi Lagu: Complicated - Avril Lavigne



Terjebak bersama orang yang tidak pernah kau cintai? Lagu Avril Lavigne yang berjudul Complicated ini memelodikan kasus di atas dalam sudut pandang tokoh 'orang yang tidak dicintai'. Rasa pedih yang dirasakan tak akan terbayar hanya dengan kebahagiaan 'si dia yang tidak mencintai'..


****

Uh huh, life's like this
Uh huh, uh huh, that's the way it is
'Cause life's like this
Uh huh, uh huh that's the way it is

Inilah rupa  kehidupan dengan caranya memperlakukan kita. Karena seperti inilah adanya, kehidupan itu..

(VERSE 1)

Chill out, what you yellin' for?
Lay back, it's all been done before
And if you could only let it be
You will see

Kulihat dari tadi kau teriak-teriak tidak jelas, gelisah. Cobalah untuk tenang sedikit. Bersantailah sejenak, semuanya sudah diatur, apa yang kau ributkan? Jika memang kau hanya bisa pasrah pada kemauan dirimu, tak bisa mengaturnya, silakan lihat apa yang akan terjadi selanjutnya.

I like you the way you are
When we're drivin' in your car
And you're talking to me one on one
But you've become...

Aku menyukai apa adanya dirimu. Aku ingat saat kau tengah mengendarai mobilmu, bersamaku. Kita saling bercakap-cakap, tak ada yang berubah dan kita memang tidak punya niat berubah. Aku pikir selamanya cintai ini akan mengalir lurus semudah yang aku bayangkan. Tentu saja semua itu bisa terjadi, sebelum kau berubah.. menjadi..

 (PRECHORUS)
Somebody else 'round everyone else
You're watching your back like you can't relax
You're tryin' to be cool
You look like a fool to me
Tell me

Orang lain.. sama tak berartinya bersama orang-orang lain di sekitarmu. Dirimu yang selalu kontras dipandang mataku, memudar entah kenapa. Yang kulihat hanya orang lain, dirimu, yang tengah gelisah tak bisa diam. Kau nampak seperti orang bodoh kalau kau tanya pendapatku sekarang, dan aktingmu yang bagimu menunjukkan bahwa kau baik-baik saja itu membuatku muak.. aku ingin meneriakimu, menjerit dan menangis di depanmu.. memohon agar mengatakan padaku alasamu..

(CHORUS)

Why do you have to go and make things so complicated?
I see the way you're acting like you're somebody else
Gets me frustrated
Life's like this
You, you fall and you crawl and you break
And you take what you get and you turn it into honesty
You promised me I'm never gonna find you fake it
No, no, no

Kenapa kau harus pergi, menghilang, ke sana.. lalu mempersulit segala hal yang seharusnya tak kutemui dalam hidupku? Kulihat dirimu yang sekarang, yang sudah pergi, menjadi orang lain yang tidak kukenal lagi. Aku frustasi dibuatnya, mengingat kenyataan bahwa inilah kehidupan yang real. Seperti inilah keadaannya sekarang. Bukan lagi merupakan salah satu episode dari mimpiku. Kau terjatuh dalam pelukanku, yang tak pernah kau harapkan. Kau merangkak melepaskan diri perlahan, dan akhirnya kau bebas. Cinta kita memang sudah berakhir sekarang. Dan kau kembalikan semua yang kau dapat dariku, berterus terang padaku tentang penderitaanmu. Terjebak bersama seseorang yang tidak pernah kau cintai. Kau bilang padaku itulah kejujuranmu yang pertama.. tidak.. inikah rupanya kenyataan?

You come over unannounced
Dressed up like you're somethin' else
Where you are ain't where it's at
You see you're making me laugh out
When you strike your pose
Take off all your preppy clothes
You know you’re not fooling anyone

When you’ve become
Kau menghampiriku, diluar dugaanku. Kulihat penampilanmu, jelas kau dan cintamu yang dulu sudah menguap entah kemana. Yang kulihat hanya orang baru, yang tidak pernah mencintaiku, yang tidak pernah berada diposisimu yang dulu. Pacarku. Bahkan tak ada bekas yang tersisa di tubuhmu. Hari ini kau membuatku terbahak-bahak, ketika kau menujukkan sikap lain. Senyum puas kini menghiasi wajahmu. Sengaja kau tunjukkan pose terbarumu itu padaku. Kau tanggalkan pakaian lawasmu, tak sudi lagi kau memakainya. Kau tahu, kau sedang tidak ingin berpura-pura lagi. Kau benar-benar bahagia dengan kejujuranmu.. ketika kau telah menjadi..

BACK PRECHORUS

BACK CHORUS

No, no, no
No, no, no
No, no, no

BACK VERSE 1

BACK PRE CHORUS


BACK CHORUS 2 X

Tidak ada komentar:

Posting Komentar