Latest Work

24.3.17

TERJEMAH: SUPERMAN - RACHEL PLATTEN

Terjemah: Superman – Rachel Platten
Lagu ini cocok banget untuk seorang anak kepada ayahnya, dikala ayahnya sudah tua dan tidak berdaya lagi untuk tampil bak superman di depan anaknya, tetapi masih bersikeras dan memaksa dirinya untuk terlihat kuat. Lewat lagu ini sang anak akan meyakinkah ayah agar dia bisa menggantikan ayahnya, menghidupi keluarga...
****
If I could break away half of all your pain
I'd take the worst of it and carry you like you carry me
You say that you're alright when tears are in your eyes
We're strong enough for this and I need you
It's okay that you need me
So put your armor on the ground tonight
Cause everyone's got to come down sometimes
Jika aku bisa, ingin sekali aku memusnahkan meski separu saja dari rasa sakitmu. Kan kuobati meski hanya sebagian kecil dari lukamu. Intinya, aku akan berusaha meringankan. Dan akan kuusahakan untuk menyingkirkan yang paling parah terlebih dahulu, kan kulakukan apapun yang pernah kau lakukan untuk menolongku di masa lalu. Namun sudah sifatmu, kau tetap bersikeras ingin terlihat kuat. Bukannya aku ingin membuatmu terlihat lemah, tapi aku lihat jauh ke dalam matamu, ada air mata di sana. Ini sudah terlalu sakit bagimu, aku tahu itu. Aku akan melakukan yang terbaik karena aku yakin aku tidak bisa hidup jika kau pergi bersama rasa sakit itu, aku membutuhkanmu. Dan sepertinya sekarang kau juga membutuhkanmu, biarkanlah aku melakukan tugasku. Tak ada yang perlu kau gelisahkan, beginilah keadaan kita sekarang, saling membantu. Aku percaya, setiap orang pasti pernah merasakan menit-menit terburuk dalam hidupnya, terimalah giliranmu dan kau tidak perlu takut, karena kau bersamaku.

You don't have to be Superman
You don't have to be Superman
You don't have to hold the world in your hands
You've already shown me that you can
Don't have to be Superman
Kau tidak perlu mempertahankan sikap kuat yang selama ini selalu kau tunjukkan padaku itu sekarang. Kau tidak perlu memaksa dirimu berkostum superman sementara kau tengah lelah dan tidak punya kekuatan untuk terbang lagi, berjuang untuk sekedar membelikanku es krim seperti dulu. Kau tidak perlu lagi menggenggam dunia ini lalu mempersembahkannya untukku seperti dulu. Aku sudah cukup puas, dan sekarang, ketika kau sudah tidak mampu lagi, aku akan baik-baik saja dan justru aku yang akan bertekad untuk melakukan semua itu untukmu sekarang.

I know I've been gone too much
We talk about me too much
I'm selfish and distracted
But I'm here, I'm here and I'm listening
And It's just you and me and these four walls
And we are only human after all
Aku tahu kau tidak pernah menyukai ini. Kau tidak akan rela melihatku berjuang untukmu, kau hanya ingin agar aku selalu bernaung di rumah, terlindung aman hingga kau pulang. Tapi aku tidak bisa dihentikan, kan kuteruskan, untuk kebaikan kita berdua. Berhentilah berpura-pura kuat dan memaksa dirimu berdiri, kita hanya manusia biasa yang pasti memiliki hari-hari di mana kita terpuruk dan memerlukan orang lain. Begitulah keadaanmu sekarang, kau akan membutuhkanku dan aku akan melakukan yang terbaik untukmu. Berbaringlah dengan tenang, beri aku kesempatan untuk keluar rumah dan menggantikanmu berperang untuk kehidupan kita.

You don't have to be Superman
You don't have to be Superman
You don't have to hold the world in your hands
You've already shown me that you can
Don't have to be Superman
Tak perlu berkostum superman sepanjang hidupmu untukku. Cukup sehari dan aku sudah tahu tentang dirimu. Tak perlu memaksakan diri berkerja keras sepanjang umurmu untukku, ada kalanya kau lelah dan kau membiarkanku menggantikannya untukmu.

And oh
Rest your eyes now, take my hand
Even heroes fall down now and then
You can let it go
Tidurlah dengan nyenyak, sudilah untuk menggenggam tanganku jika kau merasa akan jatuh dan perlu sokongan. Ada kalanya seorang pahlawan terjatuh saat terbang dan sayapnya patah, namun dia membiarkan orang yang dulu dia tolong menggantikannya sebagai pahlawan untuk dirinya sendiri. Satu pahlawan jatuh, dan akan ada begitu banyak pahlawan baru yang lahir. Ayolah, dunia ini pasti lebih indah.

You don't have to be Superman
You don't have to be Superman
You don't have to hold the world in your hands
You've already shown me that you can
Don't have to be Superman
You don't have to be Superman
Kau tidak perlu lagi jadi superman untukku, atau mencoba menggenggam dunia di tanganmu, dedikasimu sudah cukup. Aku sudah melihatnya, dengan sangat jelas. Percayalah bahwa aku akan tetap mengenangmu sebagai seseorang yang luar biasa, meski sekarang kau bukan orang itu lagi. Inilah giliranku.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar